Usaha Kekinian 2020 yang Paling Menjanjikan

usaha kekinian 2020

Usaha Kekinian 2020. Berencana membangun usaha sendiri? Atau mungkin mau melanjutkan usaha keluarga yang sudah tak lama beroperasi?

Para pengusaha kini berlomba-lomba membangun usaha kekinian agar terlihat berbeda dari yang lain. Bahkan ada juga yang mengikuti trend usaha pesaingnya dengan memakai sistem franchise.

Selain itu ada juga pengusaha yang membuat jajanan jadul menjadi makanan kekinian anak jaman now contohnya kue cubit.

Pengemasan yang unik dan baru membuat generasi milenial penasaran sehingga memunculkan kesan nostalgia.

Mengkombinasikan jajanan jadul supaya tak terlupakan merupakan inovasi cemerlang ditahun ini. Memang beberapa jajanan sudah mulai terlupakan karena banyak bermunculan makanan cepat saji.

Lalu bagaimana caranya kita sebagai pengusaha pemula bertahan dari sengitnya persaingan bisnis ini?

Solusi utamanya kamu harus melakukan riset sebelumnya dan harus kuat modal. Tapi bukan berarti orang yang tidak mempunyai cukup modal tidak bisa membangun usaha ya.

Buatlah perencanaan matang dan riset menyeluruh kepada kompetitor yang sesuai bidang usahamu.

Apa Itu Franchise?

usaha kreatif 2020

Beberapa orang sepakat bahwa franchise merupakan usaha yang terdapat di lebih dari satu negara dari sisi warna dan logo sama persis sedangkan sisanya berpendapat bahwa franchise ialah bisnis waralaba.

Sistem franchise atau waralaba ini dimiliki dan dioperasikan oleh individu yang berbeda-beda namun mempunyai nama merk sama.

Sehingga merk tersebut terlihat besar karena tersebar dimana seluruh penjuru daerah dan negara, contohnya ace hardware, burger king, mcd, KFC, pizza hut dan masih banyak lagi.

Menurut Hukum Pemerintah Indonesia, sistem waralaba itu memberikan hak kepada salah satu pihak kemudian pihak tersebut memanfaatkan dan menggunakan hak kekayaan intelektual.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia waralaba adalah sebuah sistem pendistribusian barang/jasa.

Peran franchisor disini yaitu memberikan hak kepada individu/perusahaan/badan lain untuk melaksanakan bisnis dengan sistem, prosedur dan cara-cara yang ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan mencakup area tertentu.

Sistem ini cukup menguntungkan bukan apabila diterapkan untuk usaha kekinian 2020 ini?

Istilah yang digunakan Dalam Dunia Franchise

makanan viral 2020

Berikut ini adalah beberapa istilah dari yang berkaitan dengan sistem franchise, antara lain :

Franchisor

Pihak yang memberikan hak kepada badan/individu/perusahaan lain untuk memanfaatkan dan memakai hak atas suatu brand dan material-material terkait dengan merk tersebut.

Franchisse

Pihak yang menerima waralaba dan diberikan hak untuk memanfaatkan atau memakai kekayaan intelektual serta segala penemuan dari suatu merk.

Franchise Fee

Biaya awal waralaba yang harus dikeluarkan sebelum bisnis franchise mulai beroperasi. Berikut adalah cakupan biayanya :

  • Biaya lisensi untuk menggunakan brand dalam jangka waktu tertentu
  • Biaya hak untuk menggunakan atau meminjam pedoman operasional dalam jangka waktu tertentu

Baiknya anda pastikan terlebih dahulu bahwa biaya-biaya tersebut sudah termasuk :

  1. Biaya survey lokasi
  2. Desain Outlet
  3. Informasi stok awal
  4. Pencairan supplier untuk stok barang
  5. Penyusunan rencana bisnis
  6. Penyelenggaraan pelatihan awal
  7. Supervisi dan eksekusi peluncuran bisnis

Royalty Fee

Biaya yang harus anda bayarkan setelah waralaba beroperasi, biaya tersebut ditetapkan oleh franchisor  dan kamu wajib membayarkannya tiap bulan. Royalty fee ini kebijakannya beragam, biasanya berupa persentase.

Kenapa harus ada royalty fee? Apa kegunaanya?

  1. Demi kelangsungan operasional bisnis franchise perihal kesinambungan antar semua franchisee
  2. Pelaksanaan audit waralaba serta evaluasi bisnis
  3. Riset dan pengembangan bagi brand serta strategi pemasarannya

Kelebihan dan Kekurangan Franchise Usaha Kekinian 2020

Kelebihan

  • Proses lebih cepat sebab manajemennya sudah terbentuk
  • Training dan panduan sudah disiapkan oleh pemilik franchise
  • Brand sudah terkenal
  • Personal branding pemilik bisnis sudah terbentuk
  • Biaya relatif murah

Kekurangan

  • Bahan baku yang digunakan dari pihak waralaba
  • Keterbatasan dalam berinovasi
  • Sistem bagi untung
  • Reputasi usaha sangat berpengaruh

Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Franchise Berjalan Lancar

usaha yang menjanjikan di masa depan

Mau membangun franchise tapi masih belum tahu harus mulai darimana? Dibawah ini ada 7 hal yang harus kamu lakukan agar bisnis franchise lancar :

Sistem bisnis harus sempurna

Sistem bisnis yang kurang sempurna dapat membuat suatu usaha cepat gulung tikar. Sebelum melakukan promosi lakukan sisten uji coba, jika diketahui masih ada yang belum sempurna segeralah lakukan perbaikan.

Percayalah penerapan sistem yang matang dan sempurna dapat menghindarkan kamu dari permasalahan hukum dikemudian hari.

Buatlah proposal bisnis yang masuk akal

Langkah berikutnya adalah membuat proposal bisnis serealistis mungkin, apabila mencantumkan angka-angka di proposal tersebut haruslah berdasarkan riset.

Proposal bisnis yang kamu buat dapat mempengaruhi kredibilitas serta kepercayaan jangka panjang franchise.

Informasi bisnis harus detail

Berikan informasi menyeluruh terkait bisnis untuk menarik perhatian para pemilik modal. Tambahkan proposal, status hukum, gambaran produk dan jasa hingga sistem kerjasama yang akan dibangun.

Mau membuat usaha barang atau jasa? Sampaikan informasi dengan jelas apabila barang, jabarkan stok yang dipersiapkan dalam satu periode.

Apabila tertarik membuka usaha jasa, informasikan detail pelayanan yang harus dilakukan dalam  menjalankan usaha agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Siapkan kantor offline

Mempunyai kantor offline adalah hal mutlak, terlepas dari modal awal. Sebuah profesionalitas serta kredibilitas franchise sangat dipengaruhi dari adanya kantor offline.

Agar berjalan optimal kamu harus mengkoordinasikan dengan tim, mau membuka kantor offline di rumah atau memanfaatkan ruang kerja bersama.

Lakukan riset market

Melakukan riset market harus dilakukan di awal jadi kamu sudah mengetahui siapa target market dan kompetitornya bagaimana teknik promosi yang tepat, dimana kantor offline tersebut itu dibuat agar mempermudah operasional dan lain-lain. Hasil riset market membantu kamu untuk melakukan evaluasi secara berkala.

Promosikan menggunakan video animasi

Teknik promosi yang sedang tren saat ini menggunakan video animasi, memang dibutuhkan kemampuan editing untuk menghasilkan karya kreatif dan membuat target market penasaran.

Selain perang harga antar kompetitor kini juga ada perang kreatifitas dalam beriklan dan mempromosikan bisnis.

Bagi kamu yang mau membuat video iklan animasi demi menunjang bisnis cobalah untuk memanfaatkan jasa video promosi. Sampaikan materi kepada tim terkait dengan detail agar segala proses editing berjalan lancar, kalau masih merasa belum puas dan perlu perbaikan tenang akan ada revisi.

Macam-Macam Usaha Kekinian 2020

peluang usaha terbaru dan terlaris

Ini adalah macam-macam usaha kekinian 2020 yang bisa kamu terapkan demi meraup pundi-pundi rupiah :

  1. Minuman Boba
  2. Usaha toast
  3. Mahar pernikahan unik
  4. Katering diet
  5. Event Organizer Pernikahan
  6. Laundry
  7. Produk ramah lingkungan (sedotan atau alat makan)
  8. Warteg atau warkop kekinian
  9. Es kopi susu
  10. Minuman topping biscuit
  11. All you can eat 99.000
  12. Martabak aneka topping
  13. Ayam geprek
  14. Makanan topping keju
  15. Pancake
  16. Jus buah
  17. Cake jar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *